Senin, 25 April 2011

SMK PLUS QURROTA A'YUN SAMARANG

SMK Plus Qurrota A’yun

YAYASAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BANI ADAM
BEKALI SISWA ILMU DUNIAWI DAN UKHROWI


Dalam rangka menghadapi dan mengantisipasi degradasi moral dan tantangan jaman pada saat ini, yang mana Umat akan kehilangan f dibidang moral dan etika maka untuk menjaga identitas  jati diri, agama dan Bangsa diperlukan kader kader umat yang handal dan menguasai berbagai disiplin Ilmu baik Pengetahuan Umum (IPTEK) maupun Ilmu Pengetahuan Agama (IMTAQ).
SMK Qurrota A’yun Samarang Kab Garut adalah Lembaga Pendidikan Kejuruan Plus yang menerapkan sistem pembelajaran Terpadu antara Ilmu pengetahuan Umum dan Ilmu Agama. Menurut wakasek Kesiswaan, Ahmad Nurjaeni. Sip. Dan wakasek Kurikulum, Asep Muhammad Ropi S.Ag yang mewakili Kepala Sekolah, H Atep Muh Wahid Kosim. S.ag. MM. saat di jumpai wartawan Profile mengatakan, untuk membekali peserta didik SMK Qurrota A’yun memberikan materi pembelajaran program unggulan keagamaan sperti Tahfiddul Qur’an dan Tahfid Bahasa Arab.Para Siswa diharuskan dapat menghapal Alqur’an atau menguasai surat surat yang ada dalam Kitab Suci Al Qur’an, pembekalan diberikan materi khusus oleh Guru Guru yang bersangkutan seperti surat surat pilihan, para siswa wajib hapal termasuk  surat surat yang ada di Juz Ama.Juga yang menjadi hal wajib bagi siswa sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) diharuskan membaca Kitab Suci Al Qur’an (Tadarus) selama lima belas menit.Dan juga setiap hari melaksanakan program yang sudah menjadi Agenda Sekolah yaitu Sholat Dhuha dan Sholat Dzohur berjemaah.Dengan adanya program Unggulan ini diharapkan siswa dan lulusan dari SMK Qurrota A’yun bisa hafal Al Qur’an dan terbiasa sholat berjemaah bahkan menjadi Imam dalam sholat.
SMK Qurrota A’yun dalam hal pengembangan kreatifitas dan potensi diri siswa menyediakan wadah pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler (Eskul) sperti : Sanggar Seni, English Club, Paskibra, Bantara (Pramuka), Unit Sar Kabupaten, Musik aarumba, Drum band, Nasyid QA Voice, dan LBM (Lembaga Bina Mandiri). Di LBM selain membentuk Sumber Daya Manusia (siswa) yang taat dan patuh pada tata aturan yang berlaku dan terbiasa hidup disiplin, tapi juga melayani siswa yang berbakat dan berprestasi  terutama dalam hal Wirausaha akan diberi bantuan dari pihak Yayasan dalam bentuk Hibah,tujuannya agar siswa dapat menjadi Insan yang mandiri.
SMK Qorruta A’yun yang berlokasi di   JL Raya Samarang No 114 Cikamiri Kec Samarang Kab Garut saat ini memiliki jumlah siswa 530 siswa yang terbagi dalam 3 Program Keahlian yaitu  AGRONOMI (Tanaman Pangan dan Holtikultura, TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN (TKJ), TATA BUSANA. Dan didukung oleh tenaga pengajar yang terdiri dari lulusan Pergurua Tinggi Negeri/Swasta, Pesantren terkemuka serta Lembaga Pendidikan Tinggi lainnya sesuai dengan disiplin Ilmu yang dimiliki, Profesional dan kwalifipe dibidangnya. Dan masih menurut Asep Muh Ropi, SMK Qorruta A’yun kedepan  akan terus meningkatkan mutu dan kwalitas dengan terus mengembangkan konsep dan kemampuan yang ada misalnya di tahun ajaran 2011 – 2012 InsyaAllah akan membuka program keahlian baru yaitu TEKNIK OTOMOTIF .
Dalam hal Prestasi SMK Qorruta A’yun walau masih terbilang sekolah baru yaitu berdiri / beroperasi pada tahun 2007 dan merupakan  pengembangan dari Pesantren telah banyak menorehkan Prestasi  dibidang Akademik dan Non Akademik diantaranya, Juara satu Pidato Bahasa Inggris se Priangan Timur, Juara dua debat Bahasa Inggris se Priangan Timur, Juara Umum Greencamp se Kabupaten, juara  satu pidato bahasa Indonesia se Priangan, Juara satu Drama dan Puisi bahasa Inggris se Priangan Timur, dan masih banyak Prestasi lainnya.
SMK Qorruta A’yun didukung oleh SDM(sumber daya manusia)  dengan  dedikasi tinggi dan rata rata masih berusia muda (umur antara 25 dan 32 tahun ) dan ditunjang dengan fasilitas sarana pra sarana yang cukup memadai, diharapkan mampu mencetak out comes (lulusan) yang memiliki kemampuan dan keahlian (skill) dan ber Akhlakul Karimah……Amiin.

3 komentar: